Selasa, 04 Oktober 2011

Al-Qur'an

AL QUR’AN
Al qur’an  sebagai wahyu  Allah swt  Yang di turunkan kepada nabi Muhammmad saw . Al qur’an di turunkan kepada nabi muhammad saw  untuk di jadikan pedoman bagi seluruh umat manusia tampah ke cuali dengan tidak di batasi oleh tempat dan waktu
Tahapan Turunnya Al Qur’an
Pendapat ini beragumen dengan ayat  yang berarti sebagai berikut  : “Ha Mim . Demi kitab ( Al qur’an) yang jelas, sesungguhnya kami menurunkannya pada malam di berkahi. Sungguh, kamilah yang memberi peringatan. “( QS. Ad-Dukhan : 1-3) .Maksud dari ayat di atas menyatakan bahwa Al Qur’an  kepada suatu malam yang dinyatakan dengan malam mubarakah serta di namai dengan Lailatul Qadar, yaitu salah satu malam pada bulan ramadhan
Periodesasi Turunnya Al Qur’an
Untuk menentukan mana surat makkiyahh dan mana yang madaniyyah, juhur ulama mendasarkan pada periodesasi kehidupan Rasulullah saw, yang dibagi menjadi dua periode, yaitu periode Mekah dan periode Madinah.
Periode Mekkah, yaitu masa nabi bermukim di Mekkah sejak beliau diangkat menjadi Rasul yakni tanggal 17 Ramadhan tahun 41 dari milad nabi sampai dengan hari Hijrah Rosul ke Madinah  yaitu awal Rabi’ul Awwal tahun 53 dari milad nabi.

Periode Madinah, yaitu masa nabi bermukim di Madinah, yakni dari permulaan hijrah nabi ke Madinah pada awal Rabiul Awwal tahun 53 dari milad nabi sampai dengan menjelang kewafatan nabi atau tahun 11 Hijrah.

SURAT-SURAT MAKKIYAH
Dibawah ini surat-surat yang termasuk:
1. Al Alaq
 2. Al Qalam
3. Al Muzammil
4. Al Mudassir
5. Al fatihah


SURAT-SURAT MADANIYYAH
Dibawah ini surat-surat yang termasuk:
1.   Al Baqarah
2.  Az Zalzalah
3.  Al Anfal
4.  Ali Imran
5.  Al Ahzab

Hikmah Al-Qur’an diturunkan bertahap
-        Agar mudah dimengerti dan dilaksanakan
-        Turunya sesuatu ayat sesuai dengan peristiwa-peristiwa yang terjadi
-        Untuk memudahkan penghafalan
-        Diantara ayat-ayat Al-Qur’an ada yang nasikh dan ada yang mansukh, sesuai dengan kemaslahatan.

KESIMPULAN

Al-Qur’an diturunkan secara berangsur-angsur dan ditempat yang berbeda-beda sesuai wahyu yang didapatkan Nabi Muhammad SAW.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar